21 September 2024

Kesederhanaan di Lebaran Padepokan Pandan Ireng

RAWALUMBU bekasitoday.com– Yayasan Padepokan Pandan Ireng (YPPI) tim Pandawa Lima Utara, bersilaturahmi sekaligus melakukan lebaran ke kediaman guru besar YPPI, di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022) malam.

Dalam keterangannya, Guru Besar YPPI mengatakan, di hari yang Fitri ini alhamdulillah kita masih terjaga dan juga bisa saling mempererat rasa persaudaraan. Kegiatan silaturahmi lebaran ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh YPPI setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah Idul Fitri 1443.H ini, kita bisa berkumpul dengan tim Utara (Pandawa Lima Utara-red) walaupun baru sebagian. Saya yakin Pandawa Lima Utara bisa menjaga keamanan dan nama baik YPPI, karena semua sudah berkeluarga jadi bisa saling menjaga silaturahmi ini, “ujar Guru Besar yang akrab di sapa Guru Baladewa ini.

Kita yang tergabung di YPPI jangan sampai ada perpecahan apalagi dalam kehidupan, kita berkeluarga harus saling jaga dan ciptakan keharmonisan, juga kita harus bisa menjaga arti sebuah persaudaraan, dan utamakan saling mengingatkan.

“Hidup itu harus bermanfaat, tidak memandang besar atau kecilnya, tapi bermanfaat bagi orang lain dan saudara kita yang ada di YPPI, “tuturnya.

Selain menjunjung tinggi nilai toleransi dalam keberagaman beragama, sambung Guru Baladewa, padepokan Pandan Ireng juga bertujuan untuk meruwat kebudayaan dan kearifan lokal yang ditinggalkan nenek moyang.

“Apalagi di era digitalisasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, kemajuan teknologi komunikasi tak bisa dibendung hingga tak disadari telah memangkas jarak antar Negara dan Kebudayaan. Serta terus mengikis kearifan lokal, itu juga menjadi latar belakang didirikannya padepokan ini.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: