14 September 2024

Mahasiswa UNISMA Bekasi Adakan Pelatihan Design Thinking dan Model Pembelajaran Interaktif

BekasiToday.Com – 6 Orang Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISMA Bekasi mengadakan pelatihan design thinking dan model pembelajaran interaktif sebagai upaya peningkatan efektivitas kinerja kepada para relawan literasi di TBM Rumah Pelangi Bekasi, Sukamekar, Sukawangi Bekasi. Sabtu, 9 Juli 2022.

Enam orang mahasiswa tersebut adalah Alfiyah Nur Jauharah, Alifah Qisthi Fadhiilah, Kartika Syafriani, Kinanthi Mutiara Shafa, Septia Catur Amalia, dan Yulianti Indah Permatasari.

Tujuan dari pelatihan ini agar para peserta pelatihan yang mayoritas adalah relawan TBM Rumah Pelangi Bekasi (Rungi) dan Sekolah Rakyat Bekasi (SRB) ini memahami konsep design thinking dan kemudian mengaplikasikannya dalam penyelesaian masalah secara kreatif, selain itu para peserta juga diberikan materi mengenai model pembelajaran interaktif.

Peserta pelatihan ini juga datang dari Perguruan Silat Cinong Bekasi, Jamkeswacth Kabupaten Bekasi, Guru SDN Sukamekar, dan beberapa siswa menengah atas.

Mahasiswa UNISMA Bekasi Adakan Pelatihan Design Thinking dan Model Pembelajaran Interaktif

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi, Konsep Manajemen Organisasi, Dasar-dasar Design Thinking, Tahapan-tahapan Design Thinking dan Ciri khas pembelajaran interaktif.

Sesi pelatihan diawali dengan pemaparan materi dari masing-masing fasilitator yang kemudian dilanjutkan dengan praktek berupa study case dan tanya jawab sekaligus diskusi dengan fasilitator.

Septia Catur Amalia, salah satu nara sumber pelatihan menyatakan bahwa pelatihan ini ditujukan kepada para relawan atau para pengurus Rungi dan Sekolah Rakyat Bekasi.

“Semoga dengan pelatihan design thinking dan model pembelajaran interaktif dapat diaplikasikan dan membantu teman-teman relawan Rungi dan SRB dalam mendesain kegiatan serta mewujudkan tujuan kegiatan-kegiatan mereka,” ungkap mahasiswi yang akrab disapa Poppy ini.

Sementara itu Widiantari, salah satu peserta pelatihan dari Sekolah Rakyat Bekasi mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa UNISMA atas pelaksanaan pelatihan ini dan juga kepada pihak TBM Rumah Pelangi Bekasi yang sudah menjadi tuan rumah pelatihan.

“Kami dari SRB masih haus ilmu dan pengalaman mengenai manajemen komunitas dan banyak hal, materi dan diskusi di kegiatan hari ini sangat-sangat bermanfaat, terima kasih atas pembelajaran hari ini,” tutup Widiantari. [bisot]

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: