16 September 2024

REHAB KALI CIKARANG Tebar 50.000 Benih Ikan BAUNG di Sepanjang Kali Cikarang

BekasiToday.Com – Cikarang – Jumat, 22 Juli 2022. Semakin beragam dan banyaknya kepentingan di sungai/kali mengakibatkan makin tergesernya para penghuni sungai/kali khususnya ikan baung. Pembuangan limbah yang tidak terkontrol dilakukan baik oleh warga dan juga perusahaan yang tak bertanggung jawab, semakin mempercepat kepunahan ikan baung. Keadaan itu diperparah lagi oleh warga masyarakat yang memakai DAS untuk pemukiman, sehingga mempersempit habitat dan ruang gerak ikan terlebih pemukiman tersebut juga kerap membuang sampah di sungai/kali.

Menanggapi kenyataan seperti itu, Komunitas REHAB KALI CIKARANG menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan dan perawatan sungai, program-program reservasi pun diluncurkan, salah satunya adalah program pembibitan IKAN BAUNG yang digagas oleh ANGLER RELAWAN CIKARANG (ARC), dibantu Komunitas PATIL GANJIL & Relawan Lingkungan TAMAN HATI.

Gaburang para relawan pecinta lingkungan tersebut mulai bergerak membibitkan ikan baung dalam kurun waktu setahun ini, bekerja sama dengan DINAS PERIKANAN KAB BEKASI & dibantu dengan pengadaan bibit dari KEMENTERIAN KELAUTAN & PERIKANAN, melalui BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR SUKABUMI.

Ketua REHAB KALI CIKARANG Muhamad Yahya berpendapat bahwa RESTOCKING ini adalah program yg kami kampanyekan bersama ARC, PATIL GANJIL & TAMAN HATI.

“RESTOCKING kali cikarang memang harus dilakukan karna ini jawaban dari berkurangnya habitat ikan baung” kata Yahya.

“Kenapa ini penting?, karena ikan baung mengandung omega 3 yang sangat tinggi, dan menjadi salah satu ikon ENDEMIC IKAN KALI CIKARANG. Kali Cikarang adalah surganya ikan baung, maka dari itu mari kita jaga bersama,” sambungnya.

Penebaran benih ikan baung ini dilakukan di beberapa titik sepanjang Kali Cikarang, pelepasan 50.000 ribu bibit ikan baung ini dirasa diharapkan dapat menjaga ekosistem di Kali Cikarang.

Reporter: Blanco Kosong

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: