14 September 2024

Sambut Hari Sungai Nasional, Komunitas Laksanakan Aksi Bersih-bersih Kali Cikarang

BekasiToday.Com – Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional, Komunitas Rehab Kali Cikarang bersama lintas komunitas (ARC, Patil Ganjil, Taman Hati Kali Cikarang, dll) melakukan kegiatan bersih-bersih Kali Cikarang. Kamis, 28/07/22.

Menurut Muhammad Yahya sebagai ketua Rehab Kali Cikarang, kegiatan bersih-bersih Kali Cikarang yang dilaksanakan di belakang PT. Fajar Paper ini merupakan wujud dari perjuangan Rehab Kali Cikarang dalam merawat Kali-kali di Bekasi menuju sungai/kali yang Sehat.

“Perjuangan kami di Rehab Kali Cikarang adalah terciptanya sungai/kali yang sehat, di mana itu terjadi bila kita semua peduli pada kondisi sungai/kali kita,” ungkap pria yang akrab disapa Komeng tersebut.

Mengenai dipilihnya tanggal 28 Juli 2022 sebagai waktu pelaksanaan kegiatan bersih-bersih sungai/kali. Muhammad Yahya menegaskan bahwa hal tersebut juga dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli setiap tahunnya.

“Kegiatan ini juga dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Juli, tapi kita selenggarakan tanggal 28 Juli karena kebetulan bertepatan juga dengan Hari Konservasi alam sedunia,” sambung Yahya.

Yahya berharap kegiatan bersih-bersih sungai/kali yang dilakukan Rehab Kali Cikarang kelak akan menjadi sebuah kebiasaan di masyarakat, yang pada akhirnya tujuan agar sungai/kali sehat di Bekasi bukan suatu hal yang mustahil untuk dicapai.

“Giat bersih-bersih sungai/kali ini harus menjadi tradisi di Masyarakat, kami pun di Rehab bukan hanya melakukan kegiatan ini hanya saat momen peringatan hari Sungai saja, melainkan sudah menjadi kegiatan rutin setiap minggu sekali,” tutup Yahya.

Sambut Hari Sungai Nasional, Komunitas Laksanakan Aksi Bersih-bersih Kali Cikarang

Pada kesempatan ini, PT Samator Gas yang berulang tahun Ke-47 juga berpartisipasi dengan menanam 47 bibit pohon mangga, 47 bibit bambu, 47 bibit jambu.

“Memang angka yang dipilih mewakili ultah Samator GAS,” ungkap Nugroho sebagai salah satu perwakilan PT Samator yang beralamat di desa Sukadanau.

“Kami antusias mengikuti kegiatan ini, karena hasil kegiatan ini juga bertujuan merawat oksigen untuk keberlangsungan hidup bersama, maka dari itu Samator ikut bekerja sama dengan komunitas REHAB KALI CIKARANG, karena kami sudah satu frekuensi,” tutup Nugraha.

 

Reporter: Blanco Kosong –Editor: Bisot

 

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: