16 September 2024

Jalan Cikarang-Cibarusah Bekasi Ditargetkan Selesai November

BekasiToday.Com – Jalan Raya Cikarang-Cibarusah yang rusak parah kini masih diperbaiki. Ruas jalan ramai di Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi ini bakal selesai diperbaiki pada November.

“Kemungkinan pada bulan November,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Jl Cibarusah-Mekar Mukti, Dede M Yahya, kepada detikcom, Jumat (2/9/2022).

Ruas kerusakan terparah ada di sekitar depan Puskesmas Sukadami dan sekitar 500 meter dari Kantor Kecamatan Cikarang Selatan. Sebelumnya, ruas jalan yang menghubungkan Cikarang arah Cibarusah ataupun sebaliknya ini berlubang dan terdapat genangan bila hujan. Panjang ruas yang rusak parah sekitar 300 meter.

Pada Selasa (30/8) lalu, perbaikan sudah dilakukan dan sampai di Puskesmas Sukadami. Jalan yang diperbaiki juga mengalami pelebaran dari semula sekitar 7 meter menjadi 14 meter, dibagi dua jalur. Sebagian lajur sudah dicor, namun belum kering sampai saat ini.

“Saat ini sedang diusahakan jalur sebelah kanan tersambung dari awal sampai akhir, juga sambil menunggu umur beton (agar kering dan bisa dilalui kendaraan). Apabila sudah terpenuhi syarat untuk dilalui kendaraan, tentu akan dibuka jalannya,” kata Dede M Yahya.

Di lokasi ini, ada objek-objek strategis yang penting bagi masyarakat, yakni puskesmas dan Kantor Kecamatan Cikarang Selatan. Khusus untuk ruas jalan di dua akses tempat itu, beton khusus akan digunakan.

“Namanya beton fast track, 24 jam sudah bisa kering dilewati kendaraan. Di luar itu, kita menggunakan beton biasa yang umur 28 hari baru bisa dilewati kendaraan, kecuali bila kekuatannya sudah sesuai,” kata Dede, sebelumnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah pihak yang mengerjakan perbaikan di sini. Total jalan yang diperbaiki sepanjang 2,3 km dari depan Perumahan Cifest di Cikarang Selatan sampai depan Perumahan Mega Regency. Proses perbaikan dimulai sejak Mei.

“Pengerjaan ditargetkan akan rampung dalam waktu enam bulan ini akan diawali dengan pembersihan sisa-sisa pembangunan terdahulu yang menjadi area pelebaran jalan,” kata Pemkab Bekasi dalam keterangan 24 Mei 2022 di akun Instagram Pemerintah Kabupaten Bekasi (@pemkabbekasi).

(dnu/detiknews)

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: