16 September 2024

Beralasan Pandemi Covid, Anggaran PIP Tahun 2020 Baru Diberikan ke Siswa

CABANG BUNGIN bekasitoday.com– Lantaran diduga janggal dalam penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) beberapa waktu lalu, membuat sejumlah walimurid datangi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Misbahul Barokah yang berlokasi di kampung Garon, desa Setialaksana, Kecamatan Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah Mochammad Abdulloh Safei menjelaskan, bahwa di tahun 2020 pihak sekolah sudah mencairkan dana bantuan PIP, bantuan tersebut berupa uang tunai, yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kemendikbudristek.

“Alhamdulillah sudah pak, “ujarnya saat di konfirmasi via pesan WhatsApp, Rabu (19/10/2022).

Ketika disinggung kenapa tidak langsung diberikan ke siswa setelah dicairkan, dirinya menjelaskan karena saat itu masih suasana pandemi Covid-19, dan wali murid pun mengetahui hal tersebut.

“Sebenarnya mau kita kasih langsung saat pencairan ditahun 2020, namun karena selama dua tahun belakangan masih suasana pandemi, dan bahkan kita pernah ditegur Satgas Covid, serta keterlambatan penyaluran ini para penerima PIP pun mengetahui, bahkan kita berikan link-nya, “terangnya.

Terpisah, salah satu wali murid yang tidak mau disebut namanya mengatakan, dirinya menerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di tanggal 12 Oktober 2022, itu pun setelah ramai di sekolah karena ada salah satu wali murid mau melaporkan pihak sekolah ke polisi.

“Saya menerima uang tanggal 12 bulan ini, lantaran di sekolah sudah ramai karena adanya wali murid mau melaporkan sekolah ke pihak kepolisian karena sudah ramai, kemudian pihak sekolah membagikan ke wali murid dana KIP tersebut, itupun pembagiannya ada yang pagi sampai malam hari, “jelasnya.

Kami yakin saat pencairan pihak sekolah tidak memberi tahu bahwa dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di tahun 2020 turun, dan tahunya bantuan tersebut ramai disekolah di tahun 2022.

“Awalnya kita tidak tahu karena tidak ada pemberitahuan, itu pun ketahuannya pada tanggal 12 bulan Oktober tahun 2022, hasil ngecek link website PIP Kemendikbud, “ungkapnya.(wan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: