14 September 2024

SKC Tolak Ilegal Logging di Kali Sadang

CIBITUNG bekasitoday.com– Organisasi Save Kali Cikarang menyayangkan normalisasi sungai yang dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) yang berlangsung di Kali Sadang Perumahan Villa Mutiara, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang telah melakukan penebangan pohon sepanjang Kali Sadang, Senin (7/11/2022).

Seperti yang diutarakan Ketua Harian Save Kali Cikarang menurutnya, dengan penebangan pohon disepanjang Kali tersebut maka dengan ini kami dari organisasi Save Kali Cikarang “MENOLAK” Dan meminta kepada pihak BBWS agar menghentikan penebangan pohon sepanjang Kali Sadang.

“Fungsi pohon sebagai greenbelt atau sabuk penyangga dari ekosistem sungai alam adalah mempunyai peran penting dalam menyimpan air saat kemarau, memperlambat air ketika banjir, menghisap karbondioksida dan mengikat tanah agar tak menimbulkan sendimentasi, “ujar Dedi Kurniawan S. Sos.

Karena itu, pihaknya menyesalkan upaya perusakan dan penebangan ratusan pohon yang berada di bantaran kali Sadang.

“Pengerukan sungai boleh, tapi bisa kan dengan tidak menebang pohon yang ada disepanjang bibir kali Sadang, “tandasnya.(bisot).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: