16 September 2024

Lantamal lll Tinjau Kesiapan Kampung Bahari Nusantara

MUARA GEMBONG bekasitoday.com– Dalam Zoom Meeting, Satkowil yang dipusatkan di Kendari dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta meninjau Kesiapan Kampung Bahari Nusantara (KBN) wilayah pesisir utara, desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (14/12/2022).

Dalam agendanya, Komandan Lantamal lll Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han. yang diwakili Wadan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Hartanto lantama lll mengatakan, adapun sasaran yang dituju, yakni menciptakan cluster pembinaan yang terdiri dari lima bidang, diantaranya, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Pariwisata dan Pertahanan. Selain itu Lantamal lll juga menyantuni puluhan anak yatim piatu.

“Salah satu tugas TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan Laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui pembinaan potensi maritim (Binpormar) yaitu Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar), Pembinaan ketahanan wilayah Maritim (Bintahwil), Bakti TNI AL, “kata Kolonel Laut (P) Heri saat di temui.

Sementara itu Binpotmar, untuk membangun kemanunggalan TNI/TNI AL dengan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh.

“TNI AL dalam hal ini Lantamal III sebagai salah satu institusi Binpormar senantiasa berupaya meningkatkan ketahanan wilayah di Willayah kerja Lantamal lll, yang salah satunya diwujudkan membangun desa pesisir (Bindesir) dengan nama Kampung Bahari Nasional (KBN), “bebernya.

Sementara itu wilayah Muara Gembong merupakan wilayah latihan pasukan TNI AL (Marinir). Diharapkan dengan hadirnya KBN TNI AL melalui Potmar TNI AL mampu meningkatkan dan bersinergi dengan potensi masyarakat disini. Disisi lain masyarakat juga dapat mengambil manfaat dengan adanya KBN TNI AL Lantamal III di Muaragembong.

Diketahui, acara kegiatan peninjauan Kampung KBN, dihadiri beberapa institusi baik dari TNI maupun Kepolisian sektor wilayah, nampak hadir dalam acara, Pejabat Utama Lantamal III, Kapolsek Muaragembong, perwakilan dari Danrem, Dandim, Pemerintah Kecamatan Muaragembong, Kepala Desa Pantai Bahagia, Puskesmas Muara Gembong, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: