13 Oktober 2024

Sudahi Membuang Sampah ke Kali dan Sungai, Selamat Hari Nelayan Nasional

Penulis : Jhon Smokers

Doc. Save Kali Cikarang

BEKASI KABUPATEN bekasitoday.com– Sobat Bekasi hari ini merupakan hari Nelayan Nasional. Kabupaten Bekasi sendiri secara demograpi memiliki garis pantai ratusan kilometer di utaranya. Dimulai dari Cilincing Jakarta Utara sampai Karawang Batu Jaya. Terdapat ratusan ribu warga Bekasi yang mengadu nasib menjadi Nelayan Tradisional di tiga Kecamatan meliputi, Kecamatan Muara Gembong, Kecamatan Babelan, dan Kecamatan Cabang Bungin.

Periode akhir 80-an, pesisir Kabupaten Bekasi adalah Daerah Petro Dollar yang banyak menjadi magnet bagi pendatang dari Cirebon, dan Indramayu, maupun Jakarta, karena ikan begitu melimpah.

Namun, relalitas sosial Nelayan di Utara Bekasi kini menjadi paradoks, Gerombolan ikan makin menjauh dari bibir Pantai dan otomatis mengurangi tingkat pendapatan Nelayan. Dalam tingkat yang ekstrim. Salah satu faktor-nya adalah banyaknya Volume Sampah Plastik dan air sisa aktivitas masyarakat, maupun Industri yang berdiri pada Garis Sempadan Sungai (GSS) tersebut, dan mengalir melalui Kali CBL, Kali Bekasi, Kali Citarum, Kali Ciherang, dan Kali Cikarang. Ketika sampah sampai hilir,  sampah tersebut menutupi tunas dari Mangrove yang merupakan Ekosistem air laut, sehingga mengurangi Populasi ikan yang akan bertelur dan kualitas air menurun (blue water Decline Quality).

Dan sobat warga Bekasi dalam hal ini kami memberi pesan kepada semua warga agar menyudahi membuang sampah ke sungai atau kali. Agar Nelayan bisa tersenyum lebar dan jala jala mereka terisi ikan kembali sampai ke meja makan kita, dan sebenarnya ini adalah cara yang strategis, serta mudah dalam jangka pendek guna mengurangi tingkat kemiskinan para Nelayan di Utara Bekasi.(*).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: