7 September 2024

Ormas LMP Ajak Lurah Sidak Pabrik yang Diduga Mengerjakan Pembersih Besi dan Logam

BABELAN bekasitoday.com– Perusahaan yang berlokasi di daerah padat penduduk dan bersebelahan dengan sekolah, yang diduga mengerjakan pembersihan benda berbahan besi dan logam yang berada di kampung Kelapa Tiga, Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, tanpa dilengkapi dengan plang papan nama, yang diduga membuang sisa hasil produksi ke lahan kosong depan perusahaan, dipertanyakan perizinannya.

Seperti halnya yang dipertanyakan ormas Laskar Merah Putih (LMP) Markas Anak Cabang (MAC) Kecamatan Babelan, menurutnya, mereka mencurigai aktifitas yang ada di pabrik tersebut.

“Dari investigasi kami disekitaran pabrik tanpa plang nama beberapa hari lalu, didapati didepan areal pabrik terdapat seperti buangan limbah yang diduga hasil dari sisa membersihkan bahan besi, dan terlihat pipa yang menjulur dari pabrik melintang ke atas lalu tersambung ke dalam tanah depan pabrik, “ujar Hendro Sekretaris LMP Kecamatan Babelan, Kamis (28/12/2023).

Kami menyakini sisa hasil produksi yang dibuang didepan areal pabrik adalah material abrasif yang umumnya berupa pasir silika atau steel grit (sandblasting-red).

“Paparan debu limbah sandblasting secara terus menerus berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit, gangguan pernapasan, bahkan silikosis. Pembuangan limbah sandblasting ke lingkungan tanpa pengolahan yang baik dapat mencemari udara, air dan tanah, “terangnya.

Menurutnya, proses Sandblasting menimbulkan paparan radiasi. Serta menimbulkan pencemaran udara yang berbahaya bagi lingkungan.

“Proses sandblasting umumnya terjadi secara kimiawi di mana menggunakan bahan kimia di dalamnya, sehingga limbah yang dihasilkan dari proses ini termasuk kategori limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), “jelasnya.

Dalam waktu dekat kami akan melayangkan surat ke pihak Kelurahan Kebalen, atas temuan kami ini, dan kami akan menyurati juga DLHK Kabupaten Bekasi, bila perlu kita bersama-sama mendatangi perusahaan tersebut.

“Kami akan menyurati para pihak, dan mengajak untuk mengecek secara bersama-sama aktifitas yang ada di pabrik tanpa plang nama yang berlokasi di Kelurahan Kebalen tersebut, “ajaknya.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: