7 September 2024

Komisi IX DPR RI melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan

Img 20240605 Wa0057TAMBUN SELATAN bekasitoday.com– Kementerian Kesehatan RI bersama Komisi IX DPR RI melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan STBM 5 Pilar, di Tridas Waterpark, Desa Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan, Rabu (5/6/2024) pagi.

Ditjen P2P Kemenkes RI, Diana Nur Hayati berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang merupakan hasil kerjasama Kemenkes RI dengan komisi IX DPR RI.

“Mudah- mudahan kegiatan ini dapat berkontribusi dalam bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bekasi, “katanya.

Sementara, Anggota Komis IX DPR RI F-Gerindra drg. Putih Sari berharap, peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini bisa menjadi agen perubahan, khususnya untuk meningkatkan taraf kesehatan lingkungan masyarakat di Kabupaten Bekasi.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini, peserta diharapkan dapat turut serta mendorong dan mensukseskan program Kemenkes, yakni Gerakan Hidup Sehat (GERMAS) salah satunya dengan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar, “ujarnya.

Menurut Putih Sari, banyak upaya peningkatan kesehatan yang membutuhkan turut serta dari masyarakat, termasuk STBM.

“Bagaimana masyarakat bisa diberdayakan? Tentu harus diberikan pemahaman tentang cara- caranya. Sebab yang menjadi permasalahan, kadang mengubah kebiasaan itu tak gampang. Apalagi, kebiasaan hidup sehat, “ucapnya.

Maka dari itu, dirinya menekankan, bahwa kesehatan lingkungan ini menjadi peran semua orang untuk dijalankan.

“Perilaku kita perlu diubah, karena sanitasi ini penting. Sebab di Kabupaten Bekasi nyatanya masih ada yang BAB sembarangan. Jadi kami memohon agar peserta bisa menjadi agen- agen kesehatan, paling tidak untuk keluarganya masing- masing. Karena sehat itu dimulai dari diri sendiri, “pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri pula perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat Dewi Ratna Sari, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi Hj. Masrikoh, dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi terpilih, H. Daris Salam.(MD).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: