16 Oktober 2024

Gelar Story Telling, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Bangun Kepercayaan Diri Siswa

Img 20240719 Wa0038TANGERANG bekasitoday.com– Dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri siswa, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri yang bertema “Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Story Telling” di SMP Negeri 3 Tangerang, pada tanggal 27 Mei 2024.

Acara ini melibatkan siswa/i kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang bertujuan memberikan sosialisasi serta praktik langsung untuk membantu siswa mengembangkan kepercayaan diri mereka melalui keterlibatan dalam kegiatan story telling.

Selanjutnya, Ahmad Fauzi Zein selaku Ketua Pelaksana menyampaikan sambutan berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru kepada siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan mengembangkan kemampuan komunikasi melalui story telling, “ujar Ahmad Fauzi Zein.

Sementara, Khairunnisa Hakim dan Febrysari pemateri dari mahasiswi Universitas Mercu Buana menjelaskan bagaimana story telling dapat menjadi alat efektif untuk membangun kepercayaan diri.Img 20240719 Wa0036

“Story telling bukan hanya sekedar bercerita, tetapi juga merupakan cara untuk menyampaikan pesan dan ide dengan lebih percaya diri, “jelasnya.

Setelah materi disampaikan, siswa/i diberikan tugas untuk menggambarkan cita-cita mereka di kertas HVS. Hal ini menjadi alat untuk mereka dalam melakukan story telling di depan teman-temannya. Aktivitas ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengekspresikan diri dan bercerita mengenai impian mereka, yang turut membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Untuk mencairkan suasana, dilaksanakan kegiatan ice breaking yang dipandu oleh Master of Ceremony. Kegiatan ice breaking ini melibatkan siswa untuk bermain tebak gambar, di mana mereka harus menebak foto artis dari potongan gambar yang hanya menunjukkan sebagian wajah. Kegiatan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam acara.

Sebagai bentuk apresiasi, hadiah diberikan kepada peserta yang berhasil menjawab dengan benar dan kepada peserta yang aktif serta berani tampil melakukan story telling. Pemberian hadiah ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih berani berpartisipasi di masa mendatang.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yaitu bapak Rohmat, sebagai bentuk apresiasi atas dukungan SMP Negeri 3 Tangerang terhadap kegiatan ini.

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari Universitas Mercu Buana dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia, dan diharapkan para siswa dapat lebih percaya diri serta mampu menyampaikan ide mereka dengan lebih baik.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, Rafa Deli Amanina yang memandu jalannya kegiatan dengan penuh semangat.(bisot).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: