6 September 2024

PT.HMMI dan PT.BBWM Jalin Kerjasama Bangun Fasilitas Pengisian Oksigen Medis

Img 20240714 Wa0168BABELAN bekasitoday.com– Menindak lanjuti perjanjian kerja sama antara PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) terkait hibah mesin oksigen yang telah ditandatangani pada tanggal 30 Januari 2024. PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) saat ini sedang membangun fasilitas pengisian oksigen medis, bertempat di Jalan Pertamina, Desa Kedungjaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Pembangunan fasilitas tersebut langsung mendapat apresiasi dari Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat berkunjung ke lokasi pada Sabtu (13/7/2024).

Dani Ramdan menyebut progres pembangunan yang dilaksanakan dari segi sarana prasarana cukup baik, mutu bangunan pun berkualitas, sehingga fasilitas ini mampu mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan oksigen medis bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Pembangunan yang bertujuan untuk melayani masyarakat terutama dalam bidang kesehatan seperti ini sangat kami apresiasi, karena kita semua sadar betapa krusialnya peran fasilitas ini dalam meningkatkan ketersediaan oksigen, “ujarnya.

Produksi oksigen medis yang merupakan salah satu pengembangan usaha PT. BBWM ini papar Dani, nantinya akan disalurkan untuk kebutuhan medis di rumah sakit, baik Swasta maupun Negeri, juga untuk kebutuhan masyarakat dan lainnya.

“Nantinya produksi oksigen ini bisa disalurkan ke rumah sakit, masyarakat dan lainnya, yang sekiranya sangat membutuhkan oksigen, “terangnya.

Dani Ramdan menegaskan hal ini menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Bekasi bahwa fasilitas kesehatan tidak hanya memadai dari segi medis, tetapi juga dalam hal aksesibilitas dan keberlanjutan layanan.

“Terima kasih PT. BBWM yang telah membantu komitmen dari Pemkab Bekasi dalam hal aksesibilitas dan keberlanjutan pelayanan bagi rumah sakit di Kabupaten Bekasi, “ucapnya.

Dirinya pun mendorong PT. BBWM untuk terus menggali potensi dalam mengembangkan usaha dan rencana bisnis, maupun peluang dari berbagai pihak swasta lainnya guna memajukan BUMD PT. BBWM.

Dani berharap, fasilitas ini tidak hanya berfungsi bagi sarana teknis semata, tetapi simbol komitmen dan langkah besar bersama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Saya berharap ini terus berlanjut dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, “pungkasnya.

Sementara, Direktur Utama PT BBWM Prananto Sukodjatmoko menjelaskan, sesuai arahan Pj Bupati Bekasi maka mesin ini nantinya akan dimanfaatkan BBWM untuk memproduksi oksigen medis. Karena menurut Prananto, bisnis ini merupakan salah satu pengembangan usaha BBWM.

“Mesin oksigen yang dikelola BBWM ini nantinya akan dapat menyalurkan kebutuhan oksigen medis untuk rumah sakit, baik Negeri maupun Swasta, masyarakat, dan lain sebagainya, “terang Prananto.

Kapasitas produksi oksigen medis dari mesin ini kata Prananto, adalah sebesar 200 tabung (40 liter oksigen medis per tabung) yang diharapkan dapat terserap di wilayah Jabodetabek.

“Rencana selanjutnya dari BBWM, apabila memungkinkan akan dilakukan penambahan fasilitas tambahan, agar dapat memproses gas turunan selain oksigen medis, seperti gas argon yang digunakan dalam proses pengelasan, dan gas nitrogen yang banyak digunakan untuk kebutuhan internal di fasilitas LPG Plant, “ujar.

Prananto mengaku optimis dengan lini usaha baru ini. Ia berharap di tengah pasokan feed gas dari Pertamina EP yang mengalami penurunan, adanya bisnis fasilitas pengisian oksigen medis dapat meningkatkan pendapatan BBWM dari bisnis eksisting yang telah ada.

“Ya ini lini usaha baru BBWM, berupa fasilitas pengisian oksigen medis. Sebagai BUMD Kabupaten Bekasi, kami selalu berupaya untuk mengembangkan potensi yang ada, agar dapat berkontribusi kepada masyarakat dan pemerintah, khususnya di Kabupaten Bekasi, “jelas Prananto mengakhiri.

Terpisah, Komisaris PT BBWM Herman Hanapi menyampaikan hibah mesin oksigen ini sebagai bentuk diversifikasi usaha BBWM yang berguna menyuplai, menjaga, dan menjamin ketersediaan kapasitas oksigen medis yang lebih aman, khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Hibah mesin oksigen ini diberikan pengelolaannya kepada BUMD, sehingga kebutuhan oksigen medis di Kabupaten Bekasi menjadi lebih aman. Ke depannya akan ada diversifikasi usaha lain, bersamaan dengan bisnis yang ada saat ini, “ucap dia.

Adapun fasilitas pengisian oksigen medis yang merupakan hibah dari HMMI kepada BBWM adalah sebagai berikut:

1. Oxygen Compressor Booster sebanyak 3 unit.

2. Oxygen Generator sebanyak 8 unit.

3. Oxygen Storage Receiver Tank sebanyak 1 unit.

4. Compressed Air Receiver Tank sebanyak 1 unit, dan

5. Oxygen Bottle sebanyak 98 tabung.

Untuk diketahui, usai secara simbolis meresmikan proyek fasilitas pengisian oksigen medis milik PT BBWM atau ground breaking, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melanjutkan kunjungannya ke penerima program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT BBWM yang berupa perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kampung Kedaung, Babelan dan Kampung Lubang Buaya, Setu, Kabupaten Bekasi.(tim)

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: