15 September 2024

Keren, PLN Nusantara Power UP Muara Tawar Raih 3 Penghargaaan Diajang ENSIA

Img 20240801 Wa0111TARUMAJAYA bekasitoday.com– PLN Nusantara Power Unit Pembangkit (NP-UP) Muara Tawar kembali torehkan prestasi, kali ini PLN NP UP Muara Tawar berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang ENSIA (Environmental and Social Innovation Award) 2024, Rabu (31/7/2024).

Seperti halnya yang diutarakan Senior Manager PLN Nusantara Power UP Muara Tawar, dirinya membenarkan UP Muara Tawar berhasil meraih 1 penghargaan Platinum dan 2 Silver yang diserahkan di Bali.

“ENSIA merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Sucofindo bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Program-program yang berhasil yaitu Program HERITOR adalah program pengurangan timbulan limbah B3 pelumas bekas dari sistem pelumasan Steam Turbin dimana air pada pelumas dipisahkan dengan metode pemanasan dan kondensasi yang menghasilkan pengematan sebesar 194.360.388, daya listrik sebesar 65.001, 71 KWh dan SDGs dengan indikator 12, “ujar Harmanto.

Menurutnya, program kedua adalah Pemanfaatan Finnes Tube Evaporator untuk Kandang Burung merupakan pemanfaatan besi Finnes Tube dari kebocoran evaporator HRSG yang dimanfaatkan sebagai kandang burung sehingga menurunkan biaya pengangkutan dan meningkatkan biodiversitas gelatik jawa. Menurunkan timbulan 0,29 ton, dampak greenhouse gases sebesar 41, photochemical oxidation sebesar 39 dan SDGs indikator 11.

“Dan Program REDPRO yang merupakan program pemanfaatan air yang terbuang dari WTP sehingga meningkatkan efisiensi air sebesar 1,05 m3, dan penurunan beban pencemar 0,0003235 ton. REDPRO menurunkan dampak potensi Eutofikasi sebesar 9, capaian SGDs indikator 6 dan diimplimentasikan pada kelompok masyarakat desa Segarajaya, “jelasnya.

Prestasi ini lanjutnya, merupakan bukti implementasi komitmen PLN Nusantara Power UP Muara Tawar dalam menciptakan inovasi-inovasi di bidang lingkungan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pembangkit, serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

“UP Muara Tawar juga terus mendorong terciptanya inovasi yang berkelanjutan, sehingga dapat berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, “ungkapnya.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: