13 Oktober 2024

Mudahkan Nelayan Isi Daya Listrik, PLN Nusantara Power Sediakan Reboat untuk Nelayan

Img 20240925 Wa0059TARUMAJAYA bekasitoday.com– PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Muara Tawar kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung energi ramah lingkungan melalui Program Reboat (Revolutionary Electric Boat Conversion for Green Transport). Bertempat di Kampung Mandalajaya, Desa Segarajaya, Kabupaten Bekasi, untuk para nelayan di pesisir pantai, Rabu (25/9/2024).

Sementara, Harmanto mengatakan, Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan nelayan dalam mengisi daya peralatan kelistrikan yang digunakan di kapal-kapal mereka, termasuk perahu-perahu listrik yang mulai diperkenalkan di beberapa daerah.

“Program ini merupakan inovasi yang dikembangkan oleh tim inovator PLN Nusantara Power UP Muara Tawar sebagai upaya mengimplementasikan energi baru terbarukan di lingkungan nelayan, “ujar Senior Manager PLN Nusantara Power UP Muara Tawar.

Menurutnya, mesin perahu nelayan yang sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak, dirubah menjadi mesin perahu bertenaga listrik. Perahu listrik yang diresmikan saat ini merupakan prototype yang berhasil melalui serangkaian uji coba dan menjadi baseline pengembangan perahu listrik selanjutnya.

“Selain itu, PLN Nusantara Power juga mengembangkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di dermaga nelayan Kampung Mandalajaya yang menggunakan panel tenaga surya sebagai sumber energi, sehingga listrik yang digunakan untuk mengisi daya baterai perahu listrik merupakan listrik yang ramah lingkungan, “terangnya.

Program ini mampu meminimalisir biaya operasional nelayan saat melaut hingga 60% sehingga pendapatan nelayan dapat ditingkatkan. Program-program pendukung peningkatan kualitas hidup keluarga nelayan juga dilakukan, seperti peningkatan akses air bersih, peningkatan literasi bagi anak, pengelolaan sampah, pembinaan UMKM, serta peningkatan pelayanan posyandu.

“Sinergi pemangku kepentingan dalam menjamin keberlanjutan program juga menjadi penting, sehingga akhirnya kebermanfaatan program dapat lebih meluas dan Desa Segarajaya dapat menjadi percontohan pengembangan program-program inovatif bagi masyarakat di wilayah lain, “ungkapnya.

Peresmian SPKLU ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat, terutama para tokoh masyarakat (tomas). Salah satu tokoh masyarakat yang hadir, mengucapkan terima kasih kepada PLN Nusantara Power atas inisiatif ini.

Menurutnya, keberadaan SPKLU di daerah pesisir akan sangat membantu nelayan dalam efisiensi biaya dan waktu, serta mendukung upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

“Kami sangat berterima kasih kepada PLN Nusantara Power atas perhatian dan inovasi ini. SPKLU ini bukan hanya mempermudah kehidupan para nelayan, tapi juga menunjukkan bahwa kita bisa maju dengan teknologi yang ramah lingkungan, “ungkap Nursalim.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya PLN Nusantara Power dalam mendukung transisi energi bersih di Indonesia, sejalan dengan target nasional untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan di berbagai sektor, termasuk sektor perikanan.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: