14 April 2024

Sempat Terendam Banjir dan Gagal Panen, di Bulan Puasa Harga Timur Suri Melonjak Naik

Apr 17, 2021

TAMBUN UTARA bekasitoday.com– Sempat dilanda banjir diwilayah Bekasi, Karawang dan sekitarnya, banyak para petani yang gagal panen, salah satunya petani buah timun suri. Menjalang Ramadhan 2021 harga timun suri melonjak tinggi yang biasanya Rp.3000 kini harganya mencapai Rp.7000 untuk per kilogramnya.

Bekasi yang terkenal dengan penghasil timun surinya terutama wilayah Kampung Gabus, kini harus memasok timun suri dari luar wilayah Bekasi, seperti Indramayu, serang, Cianjur, dan sekitarnya.

Padahal Bekasi, terutama Kampung Gabus sendiri meski tidak dibulan puasa timun suri dapat ditemui dengan mudah terutama di jalan Haji Nausan, inilah yang membuat terkenal Bekasi sebagai salah satu pemasok terbesar timun suri untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ramadhan kali ini banyak petani yang telat tanam akibat banjir, dampaknya yang seharusnya sudah panen sebelum memasuki bulan puasa, kini puasa sudah masuk hari kelima belum juga bisa dipanen, kemungkinan sekitar 10 hari lagi.

Diketahui, timun suri adalah buah yang sangat digemari ketika bulan puasa tiba, dimana buah ini sebagai hidangan untuk berbuka puasa, biasanya timun suri disajikan dicampur dengan sirup dan es batu, cincau, serta air gula putih.(Md).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: