7 September 2024

Tidak Ada Korelasi Tridarma Perguruan Tinggi, Lomba Mirip Gibran Disoal Mahasiswa

Img 20240623 Wa0171CIKARANG bekasitoday.com- Dinilai tidak ada korelasinya dengan kegiatan akademis dan Tridarma Perguruan Tinggi atas lomba senyum mirip Gibran Rakabuming Raka. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa (FKM) Universitas Pelita Bangsa melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung A Universitas Pelita Bangsa, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Minggu, (23/6/2024).

Seperti halnya yang dikatakan Korlap aksi Heri Riyanto, sebanyak 452 mahasiswa melayangkan komentar tidak setuju pada halaman instagram resmi Kampus Universitas Pelita Bangsa, dan menolak lomba senyum mirip Gibran Rakabuming Raka.

“Lomba tersebut tidak ada korelasinya dengan kegiatan akademis dan Tridarma Perguruan Tinggi. Maka dengan diadakannya aksi pada hari ini membuktikan keresahan sesungguhnya terhadap pihak kampus yang selalu melalaikan kebijakan tanpa menimbang, “tuturnya.

Adapun tuntutan yang dilontarkan terhadap kampus diantaranya, menolak perlombaan senyum mirip Gibran, mendesak kampus untuk memfasilitasi mahasiswa baik secara akademik maupun non akademik.Img 20240623 Wa0170

“Tuntutan ini memiliki dasar yang jelas, faktanya banyak penolakan yang disampaikan mahasiswa melalui media sosial instagram Kampus Pelita Bangsa. Selain itu, fasilitas kampus pun sampai saat ini masih banyak yang perlu diperhatikan. Bukan hanya dari sisi insfrastruktur pembangunan saja, tetapi fasilitas yang sudah ada juga perlu mendapatkan perawatan secara berkala, “lanjutnya.

Kegiatan yang diadakan oleh Kampus Pelita Bangsa tidak sesuai daripada isi statuta Universitas itu sendiri. Sebagaimana terlampir di statuta Universitas Pelita Bangsa 2021. Bagian Kelima, Kebebasan Akademik, Kebebasan Mimbar Akademik, dan Otonomi Keilmuan. Pasal 15 menyebutkan poin 2. Rektor Universitas Pelita Bangsa bertanggung jawab atas penciptaan suasana kondusif yang memungkinkan setiap anggota sivitas akademika dapat menghasilkan suatu karya ilmiah yang bermanfaat bagi peningkatan kompetisi dan martabat profesi sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Jelas ini suatu kontradiksi yang menimbulkan suasana tidak kondusif di internal Universitas Pelita Bangsa, “tambahnya.

Heri yang merupakan Koordinasi Lapangan (Korlap), mendorong mahasiswa Universitas Pelita Bangsa untuk turun aksi lagi dengan massa yang lebih banyak.

“Kami akan datang kembali ke depan gedung rektor dengan massa yang lebih banyak sampai tuntutan kami dikabulkan, “tandasnya.

Sementara, Rektor Universitas Pelita Bangsa Hamzah Mardi Putra keluar menemui masa aksi, tapi saat dikonfirmasi untuk lanjut berdialog dengan mahasiswa beliau mengatakan sedang sibuk.

“Saya tidak bisa membersamai mahasiswa, soalnya saya sedang sibuk mengoreksi skripsi dan tesis mahasiswa, “tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa merasa kecewa, sikap rektor secara tidak langsung memberikan pendapat kepada salah satu massa yang kurang kooperatif kepada mahasiswa.

“Sangat disayangkan hadirnya rektor di tengah-tengah kita hanya sibuk memfoto mahasiswanya yang sedang menyampaikan keresahan terhadap kebijakan kampus. Ini sangat tidak ada itikad baik untuk duduk dan berdialog bersama mahasiswa, “ucap Vincen salah satu massa aksi.(bisot).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: