13 Oktober 2024

Cegah Stunting pada Anak, PLN Nusantara Power Bina Masyarakat

TARUMAJAYA bekasitoday.com– Merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintahan setempat bersama Puskesmas dan PLN Nusantara Power, dan dalam rangka mencegah serta mengurangi angka stunting pada anak di Desa Segarajaya. PLN NP UP Muara Tawar membina masyarakat, khususnya kelompok ibu-ibu untuk dapat berkontribusi dalam peningkatan asupan gizi pada anak secara mandiri, Kamis (11/5/2023).

Sementara, Kurniawan perwakilan dari PLN NP UP Muara Tawar mengatakan, asupan gizi pada perkembangan anak selama 1.000 hari pertama sangatlah penting untuk menentukan perkembangan anak selanjutnya. Kurangnya asupan gizi pada anak menjadi penyebab anak mengalami gejala stunting yang dapat berakibat pada perkembangan fisik maupun mental anak. Desa Segarajaya sendiri terdapat 39 anak yang mengalami gejala stunting, dan 31 anak di antaranya bertempat tinggal di Kampung Karatan.

“Untuk itu, PLN Nusantara Power bersama Puskesmas Tarumajaya melakukan langkah pembinaan kepada kelompok ibu-ibu, dengan membentuk Kelompok Nusantera untuk mengembangkan Program Kolega (Kolam Lele Keluarga), serta mendukung Pemberian Makan Tambahan bagi anak yang mengalami gejala stunting agar dapat dicegah sedini mungkin, “ujarnya.

Menurutnya, program Kolega ini bertujuan agar masyarakat mampu memproduksi makanan tambahan secara mandiri, serta meningkatkan asupan gizi untuk keluarga, di mana kelompok mengelola kolam lele dalam skala rumah tangga untuk membudidayakan ikan lele.

“Hasil panen ikan dapat dikonsumsi masing-masing serta dijual untuk menambah penghasilan bagi kelompok. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 8 dan 11 Mei 2023 ini adalah Pelatihan Pengolahan Produk Ikan untuk variasi olahan bagi anak, dalam rangka meningkatkan asupan gizinya, “terangnya.

Kegiatan ini lanjut dia, dilakukan di Saung Edukasi Mutiara Daya Sejahtera (MDS) di Desa Setia Asih. Dalam kegiatan ini, kelompok diberikan pelatihan dan pemahaman terkait kandungan gizi dalam ikan yang dapat bermanfaat untuk anak serta dilatih dalam pengolahan ikan menjadi produk makanan ringan.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, angka stunting di Kampung Karatan, Desa Segarajaya dapat diturunkan, serta masyarakat menjadi paham akan pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat, “ungkapnya.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: