17 Oktober 2024

Komitmen POWR Terhadap Keselamatan Ketenagalistrikan dan Restorasi Alam

Komitmen POWR Terhadap Keselamatan Ketenagalistrikan dan Restorasi Alam

bekasitoday.com- PT Cikarang Listrindo Tbk (“Perseroan”) sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik swasta yang pertama listed di Bursa Efek Indonesia, berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan energi bagi kawasan industri yang dilayani dengan senantiasa mengutamakan keamanan, keandalan, kebersihan dan efisiensi dalam operasionalnya, Selasa (15/10/2024).

Berbagai penerapan standarisasi peralatan, pemanfaat listrik dan pengamanan diterapkan untuk menyediakan listrik yang aman bagi pelanggan, masyarakat dan makhluk hidup lainnya. Hal ini tercermin dalam pencapaian terbaru Perseroan, yang berhasil meraih penghargaan dalam ajang Keselamatan Ketenagalistrikan 2024. Img 20241017 Wa0131

Pada 4 Oktober 2024, Cikarang Listrindo dianugerahi penghargaan bergengsi di bidang keselamatan ketenagalistrikan. Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-79, yang bertujuan mengapresiasi badan usaha yang berhasil menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan (SMK2) dengan baik. Setiap tahunnya, badan usaha diwajibkan melaporkan penerapan SMK2 melalui aplikasi sistem informasi manajemen keselamatan ketenagalistrikan “SI-MATRIK” yang dikelola oleh Kementerian ESDM.

Pada ajang tahun ini, dari 151 instalasi penyedia tenaga listrik yang melaporkan kinerja mereka, Cikarang Listrindo berhasil mencapai predikat TAAT “BIRU” untuk seluruh instalasi pembangkit listriknya, meliputi bidang pembangkitan (PLTGU dan PLTU), transmisi, dan distribusi.

Pengakuan ini semakin diperkuat dengan penghargaan sebagai “Pelapor Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan Terbaik Bidang Distribusi Tenaga Listrik”. Prestasi ini mencerminkan komitmen Cikarang Listrindo dalam memastikan seluruh operasionalnya berjalan sesuai dengan standar keselamatan tertinggi, sekaligus memenuhi kewajiban regulasi dengan tepat waktu dan transparan. Img 20241017 Wa0125

Tak hanya unggul di bidang keselamatan operasional, Cikarang Listrindo juga meneguhkan komitmen lingkungan melalui serangkaian inisiatif restorasi alam guna mendukung pelestarian alam. Pada tahun 2024, Perseroan melaksanakan berbagai kegiatan penanaman pohon, diantaranya adalah penanaman 10.000 pohon mangrove di area konservasi Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong serta penanaman pohon di area Taman Kehati Kiara Payung, Sumedang dan area operasional Perseroan.

Sejak tahun 2018, Perseroan telah menanam 20.000 pohon mangrove dan lebih dari 5.000 pohon kayu dan langka di area-area tersebut. Inisiatif ini juga di lengkapi dengan kegiatan bird banding di Taman Kehati Kiara Payung, Sumedang.

Tidak terbatas pada penanaman pohon di area konservasi, Perseroan juga berpartisipasi mendukung pemerintah dalam mencapai net zero emission dengan mengganti penggunaan kendaraan operasional dari Internal Combustion Engine (ICE) menjadi Electric Vehicle (EV) secara bertahap, dengan target penggantian 80% kendaraan pada tahun 2030. Img 20241017 Wa0123

Pencapaian Perseroan ini, baik di bidang keselamatan ketenagalistrikan maupun upaya restorasi lingkungan adalah bukti nyata dari visi Cikarang Listrindo untuk memberikan kontribusi jangka panjang yang positif bagi masyarakat, lingkungan, dan industri energi Indonesia.

Perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan standar keselamatan operasional serta menjaga kelestarian alam melalui berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berkelanjutan. Dengan pencapaian ini, Cikarang Listrindo berharap dapat menginspirasi industri-industri lainnya untuk turut berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan keberlanjutan.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: