21 Mei 2024

Linmas Inti Se-Kecamatan Babelan Diberi Bekal Pembinaan

Nov23,2021

BABELAN bekasitoday.com– Babinsa TNI AD desa Babelan Kota, Koramil 04/Babelan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, memberikan Pelatihan pembinaan untuk 95 anggota linmas inti se-Kecamatan Babelan, bertempat di halaman kantor Kecamatan Babelan, Selasa (23/11/2021).

Peltu Hendri Wijaya ketika dimintai komentarnya mengatakan, kegiatan kali ini kita memberikan arahan terhadap Linmas dari tujuh desa dan dua kelurahan yang ada di Kecamatan Babelan.

“Pelatihan ini untuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB), sekaligus melatih kedisplinan. Karena linmas sebagai pelindung masyarakat, dan kita tekan kan untuk mengaktifkan kembali pos kamling, “ujarnya didampingi Sertu Jayadi.

Diharapkan dengan pembinaan linmas yang dilakukan saat ini, bisa membuat lingkungan menjadi kondusif.

“Agar perangkat desa, Linmas, RT, RW, unsur kepemudaan bersama dengan tiga pilar melaksanakan operasi rajia terhadap pengendara motor khususnya para pemuda, untuk mengantisipasi kemungkinan mereka membawa senjata tajam yang akan dipergunakan untuk kegiatan tawuran, atau kegiatan kejahatan, “jelasnya.

Terpisah, Beni Yusnandar mengatakan, kegiatan pembinaan Linmas inti desa/Kelurahan tingkat Kecamatan Babelan Tahun 2021, diharapkan dapat menjadikan linmas garda dalam upaya melindungi masyarakat, membantu Pemerintah Desa, dan Kelurahan, dalam memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah.

“Linmas keberadaannya diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Pelindung Masyarakat, diharapkan menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat, “terang Sekcam Babelan.

Menurutnya, linmas hendaknya dapat mendorong agar dalam memelihara keamanan dan ketertiban berkoordinasi dengan Kasi Trantib Desa, Unsur Koramil, Polsek, dan Seksi Trantib Kecamatan.

“Dalam mencegah potensi kejahatan diharapkan menyampaikan kepada pengurus RT agar menyusun dan melaksanakan siskamling melalui kegiatan ronda. Di sisi lain dalam upaya tanggap bencana banjir, linmas dituntut sigap terhadap potensi bencana banjir 2022, “terangnya.

Linmas Desa dan Kelurahan pada kesempatan pembinaan kali ini juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan baris berbaris.

“Semoga diawali dengan kegiatan pembinaan kali ini, Linmas bersama elemen masyarakat mampu bahu membahu menjaga keamanan, dan ketertiban di wilayah, serta sigap dalam penanganan bencana banjir, “ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Beni Yusnandar Sekretaris Kecamatan Babelan, Sertu Jayadi dan Peltu Hendri Wijaya Babinsa Babelan Kota, Sutarno Kasi Trantib Kecamatan Babelan, Perwakikan Trantib Desa dan Kelurahan Kecamatan Babelan.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: