27 Juli 2024

DAS Kali Sadang Ditanami 200 Batang Pohon

CIKARANG TIMUR bekasitoday.com– Sediktinya 200 batang pohon ditanami oleh gabungan dari Bambu Foundation dan Mahasiswa Kuliah Kerja nyata (KKN) Universitas Pelita Bangsa di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Sadang, Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Kamis (10/2/2022).

Awalnya, Bambu Foundation mendapat pesan WhatsApp dari Marsin Ketua panitia Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa, yang akan mengadakan KKN di Desa penghasil ikan patin terbesar di Kabupaten Bekasi tersebut dengan tema “Satu pohon sejuta Oksigen”, lalu di sambut baik dengan dukungan full dari Direktur Bambu Foundation Eko Jatmiko.

“Program dari yayasan kami adalah rehabilitasi lahan DAS kritis karena itu merupakan sumber bencana di Kabupaten Bekasi, dan kami siap dukung, kami akan menyediakan kelengkapan alat seperti bibit pohon, rubber boat sekaligus pelatihan singkat mendayung, “ujarnya.

Sementara, Sadar Kepala Desa Jatibaru mengatakan, tanpa pohon apa jadinya jika jalan yang kita lewati tak ada yang tumbuh,.

“Intisari dari manusia adalah tumbuhan itu sendiri, “terangnya di pembukaan acara yang berlokasi di aula Kantor Desa.

Terpisah, Marsin mengatakan, walaupun cuma mempunyai tiga hari dalam mempersiapkan bhakti sosial, tapi alhamdulillah acara ini lebih dari ekspektasi kami dan Insya Allah Barokkah.

“Seperti yang kita ketahui realitas lingkungan di Kabupaten Bekasi bahwa 21 Sungai alam besar dan kecil melintasi wilayah ini, namun kian hari semakin memprihatinkan kondisinya. Jika musim panas akan mengalami musibah kekeringan dan memasuki musim penghujan akan menimbulkan bencana banjir di 13 Kecamatan, “jelas Mahasiswa yang aktif berorganisasi Universitas Pelita Bangsa yang sedang menempuh Skripsi tersebut.

Menurutnya, sebagai penyangga dari Ekosistem. Ketersediaan pohon adalah jawaban yang absolut.

“Pohon berfungsi sebagai mata air dan penahan tanah dari longsor, serta laju sendimentasi yang merupakan masalah dari setiap Sungai atau Kali di Kabupaten yang Industrialisasinya terbesar se Asia Tenggara ini, “ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kades Jatibaru Sadar, Subroto dari pihak Kepolisian Polsek Cikarang Timur, Ketua BPD Desa Jatibaru dan Dedi perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.(Bisot).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: