19 Juli 2024

BBWS Slow Respon, BPBD Kab.Bekasi Akan Perbaiki Tanggul Citarum

CABANGBUNGIN bekasitoday.com Tidak kunjung diperbaiki kendati sudah sering diusulkan perbaikan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), tanggul Citarum yang kondisinya sudah kritis menjadi ancaman keselamatan bagi warga desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabangbungin, ketika sewaktu-waktu tanggul tersebut jebol

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Hendri Lincoln menegaskan, tanggul Citarum kritis di dekat bendungan yang ada di Cabangbungin akan diperbaiki sementara, sebab tanggul Citarum itu kewenangan adanya di BBWS Citarum. Meski begitu, jika Pemerintahan Kabupaten Bekasi dikasih kewenangan untuk memperbaikinya, dapat dipastikan tidak ada tanggul Citarum yang kritis lagi.

“Kalau kami dikasih kewenangan, tanggul Citarum kritis seperti ini udah beres,” kata Henri kepada awak media saat meninjau lokasi tanggul kritis di Cabangbungin, Jumat, (3/9/2021).

Untuk sementara lanjutnya, agar masyarakat sekitar tidak khawatir akan terjadinya tanggul jebol, pihaknya akan membuatkan beronjong yang disertai cerucuk. Selanjutnya Pemeritah kabupaten Bekasi mengajukan perbaikan tanggul-tanggul kritis yang ada dipesisir sungai Citarum.

“Sementara kami buatkan bronjong yang diberi bambu, antisipasi jebol kalau air Citarum naik, “terangnya.

Ditemui ditempat yang sama, Camat Cabangbungin Asep Buchori menambahkan, persoalan tanggul sungai Citarum yang kritis sudah sering diajukan ke BBWS Citarum agar ada perbaikan, namun hingga saat ini belum juga ada perbaikan, tidak sedikit masyarakat yang mengadu ke Pemerintah Kecamatan Cabangbungin, mereka khawatir akan terjadi jebol jika air Citarum naik. Untuk antisipasi hal tersebut pihaknya mengajukan kepada BPBD Kabupaten Bekasi untuk memperbaiki sementara.

“Akan diperbaiki sementara dari BPBD Kabupaten Bekasi, kalau ngusulin perbaikan ke BBWS sudah sering kali ampe malu saya sama warga, ngukur lagi dilongok lagi tapi gak diperbaiki-perbaiki, “pungkasnya.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: