27 Juli 2024

Home River Bioblitz 2021 dan Hari Sungai Dunia, Pegiat Lingkungan Lakukan Penelusuran Sungai Citarum

MUARA GEMBONG bekasitoday.com– Dalam rangka kegiatan Home River Bioblitz 2021 dan Hari Sungai Dunia, para pegiat lingkungan melakukan penelusuran hilir Sungai Citarum dan bereksperimen dengan Labtek Apung di Desa Pantai Bahagia Muaragembong, Kabupaten Bekasi, selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu, (25-26/9/2021).

Kegiatan ini melibatkan puluhan murid-murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan MTs Nurul Ihsan Kampung Blukbuk, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, yang dengan antusias melakukan berbagai eksperimen terhadap air sungai Citarum di dekat sekolah mereka.

Novita Anggraeni selaku perwakilan Labtek Apung mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang sungai dan mengenali ragam flora, dan fauna, yang ada di Sungai Citarum.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong para siswa untuk lebih jauh mengenali dan memiliki kesadaran baru tentang masalah ekologi di lingkungan mereka, “ujarnya seraya mangaku senang karena sambutan dari para guru, dan pelajar di wilayah setempat sangat positif terhadap kegiatan tersebut, Sabtu (25/9/2021).

Sementara, Kepala Seksi Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jessica mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak agar lebih mencintai lingkungan di sekitar mereka.

“Kami sangat mengapresiasi teman-teman pencinta lingkungan yang dengan semangat membimbing para siswa yang ada di sekitar bantaran kali, khususnya wilayah Muaragembong, “terangnya.

Teepisah, Camat Muaragembong Lukman Hakim mengatakan, kegiatan Labtek Hilir Citarum diharapkan menjadi titik awal untuk para pelajar di Kabupaten Bekasi, khususnya Kecamatan Muaragembong, untuk lebih mencintai dan peduli terhadap lingkungan hidup.

“Labtek Apung ini menjadi nuansa belajar sambil lebih mendekatkan diri kepada alam yang sangat bermanfaat untuk para pelajar, agar mereka lebih peduli terhadap lingkungan, “jelasnya singkat.

Diketahui, kegiatan ini juga melibatkan Komunitas Jakarta birdwatcher’s, Paguyuban Abang Mpok Kabupaten Bekasi, Taruna Politeknik KKP Karawang, Himpunan Mahasiswa Muaragembong, Muaragembong kita, serta komunitas lainnya.(Bisot).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: