16 April 2024

Satgas Citarum Harum Sektor 20 Subsektor 05 Cabang Bungin Laksanakan Giat Rutin Bersihkan DAS

Okt 28, 2021

CABANG BUNGIN bekasitoday.com– Agar Daerah Aliran Sungai (DAS) tetap terawat kebersihannya dan aliran air berjalan dengan lancar. Satuan Tugas (Satgas) Citarum Sektor 20 Subsektor 05 Cabang Bungin melaksanakan giat rutin di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum untuk membersihkan sampah dan tanaman liar.

“Kami saat ini melaksanakan pembersihan sungai Citarum di wilayah Kampung Terusan RT01/01, Desa Lenggahsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, “ujar Dansub 05 Cabangbungin Serda Riawanto, Kamis, (28/10/2021).

Dijelaskan Serda Riawanto, bahwa daerah aliran sungai yang dibersihkan sepanjang kurang lebih 100 meter yang merupakan salah satu titik potensi hambatan aliran sungai.

“Hasil hari ini sampah dan rumput liar berhasil di bersihkan, sehingga aliran sungai kembali lancar tanpa adanya hambatan, “jelasnya.

Menurutnya, usai pembersihan sungai dilanjutkan dengan patroli sungai dan komunikasi sosial kepada warga masyarakat secara door to door, untuk mengajak warga berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan agar kondisi aliran sungai bisa dimanfaatkan.

“Giat komsos kami kepada masyarakat adalah mengajak supaya dapat ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem, dan kelestarian sungai serta menghijaukan kembali bantaran sungai, “terangnya.

Dirinya juga berharap agar warga masyarakat lebih peduli dan menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai, dan menjadi jejaring informasi jika menemukan yang membuang limbah kotor ke sungai.

“Kami berharap warga menjadi jaring informasi, dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai, “pungkasnya.(Asep).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: