22 Mei 2024

ARC Road Show Bersama Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS Merawat Kali-kali di Bekasi

Des6,2021 #Angler #ARC #baung #kali piket #mancing #PKS
ARC Road Show Bersama Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS Merawat Kali-kali di Bekasi
Poto : Bisot

SUKAWANGI bekasitoday.com– Diperkaya dengan Omega 3, ikan alam jenis Baung dipelihara keberadaannya di kali Piket, desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, terbebas dari sampah rumah tangga dan pencemaran limbah berbahaya, bertempat di Sekolah Alam Prasasti, Senin (6/12/2021).

Seperti halnya yang dilakukan Komunitas Angler Relawan Cikarang (ARC) dalam Road Show-nya di kali-kali Bekasi. Bersama kegiatan Reses Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat.

“Kali Piket ini salah satu kali yang akan kita pelihara, karena di aliran kali ini terdapat beberapa jenis ikan, termasuk ikan Baung yang memang diketahui diperkaya dengan Omega 3 sama halnya dengan jenis ikan Salmon, “ujar Yahya Komeng Kordinator Angler Relawan Cikarang.

Bukan hanya limbah rumah tangga yang menjadi penyebab ikan di kali mati, limbah pabrik yang berbahaya-pun mengancam keberlangsungan hidup ikan, kita berharap agar warga sekitar aliran kali tidak membuang sampah ke kali, agar keberlangsungan hidup ikan di aliran kali ini tetap terjaga.

“Yang kita tahu selain pemancing lokal, pemancing yang mancing di sini, didominasi oleh pemancing dari luar wilayah Kabupaten Bekasi, seperti pemancing dari wilayah Cirebon, dan Bogor, “terangnya.

Intinya pemancing yang dapat sampah terbanyak dialah pemenangnya.

“Dapat ikan hasil pancingan adalah hadiahnya, pemancing yang mendapatkan sampah terbanyak dialah pemenangnya, “ungkapnya seraya mengatakan ada sebanyak 42 kali se Bekasi Raya yang akan dirawat keasriannya.

Sementara, Faizal Hafan Farid, SE., M. Si, anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam resesnya mengatakan, Kegiatan yang dilakukan ini adalah kegiatan kolaborasi terpadu, sekaligus mencanangkan bagaimana kali Piket menjadi kali percontohan, karena kali Piket kali yang bersih dari limbah pabrik maupun sampah rumah tangga, dan kali ini adalah kali yang sangat disenangi oleh para pemancing.

“Saya berharap, ini menjadi contoh untuk aliran kali yang lain, serta dapat ditularkan, ini adalah inisiasi yang luar biasa yang dilakukan oleh komunitas ARC, “jelasnya.

Menurutnya, kualitas air kali sangat menentukan keberlangsungan ekosistem ikan alam, jangan sampai aliran kali di kali Piket tercemar oleh limbah berbahaya, dan sampah rumah tangga.

“Karena di sini adalah habitat-nya ikan kali alam jenis Baung dan sejenisnya, kita akan pelihara habitat-nya, di kali Piket Bekasi, “terangnya.

Diketahui, kegiatan Komunitas ARC, selain bersih-bersih kali, juga melakukan penanaman pohon, baksos, diskusi rasa, dan mancing bareng berhadiah. (Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: