22 Mei 2024

Kembangkan Kawasan Konveksi, Dinas Koperasi dan UMKM Siap Jalin Kerjasama

Jan16,2022

MOROWALI bekasitoday.com– Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Morowali siap memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konveksi, khususnya bagi masyarakat yang telah mengikuti pelatihan menjahit.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Hj Sitti Asma Ul Husna Syah menurutnya, pemanfaatan SDM dibidang konveksi setelah beberapa kali telah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian. Selain pemanfaatan SDM yang sudah ada kata dia, dalam waktu dekat akan dibuka pusat pengembangan konveksi terpadu di Kabupaten Morowali, dan juga akan dibuka pula program pendidikan setara Diploma 1 Vokasi Industri.

“Pada saat itu pihak BPSDMI Kemenperin sempat menyampaikan kepada Bupati, akhirnya kami mengatur pertemuan dengan pihak BPSDMI Kemenperin tersebut di Jakarta, lalu persuratan sifatnya umum karena terkait dengan laman operator, “jelasnya, Sabtu (15/1/2022).

Kadis Koperasi dan UMKM juga telah menyampaikan kepada Asisten III Setkab Morowali, agar MoU di Jakarta ditindaklanjuti oleh OPD tekait, yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Perindustrian, dan Bappeda.

“Sebaiknya seperti itu, karena jangan sampai hal ini hanya sampai di MoU saja, kita harus bicarakan jurusan apa yang akan dibuka, supaya pada bulan 6 semester I, mulai dibuka tempat kuliah sementara, kemudian terkait dengan kawasan konveksi, Alhamdulillah kita sudah sampai tahap pelatihan dua progres, yang pertama kawasan sudah ada, perencanaan kawasan sudah ada, kemudian SDM sudah ada 40 orang penjahit, tinggal nanti pelatihan tahap ketiga, tergantung nanti apa persyaratannya, “terangnya.

Menurutnya, kawasan konveksi menjalin kerjasama dengan Politeknik, sedangkan untuk kerjasama dengan pihak PT IMIP adalah pengadaan seragamnya, sehingga terekomendasi dengan benar.

“Hasil terakhir ini, Pak Bupati mengarahkan kami merancang pertemuan secara khusus dengan PT IMIP dan Pemda, atau Dinas Koperasi tentang kuota yang akan di jahit oleh UMKM sebanyak 40 orang, kami minta berapa nanti kepastian dari PT IMIP, namun untuk langkah awal, kami sanggupi 1.000 lembar, “tandasnya.

Diketahui, Sitti Asma Ul Husna Syah adalah salah satu pejabat perempuan di Morowali yang sangat aktif karena telah beberapa kali memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan baru saja menyelesaikan program studi Strata Tiga (S3), sehingga dirinya berhak menyandang gelar Doktor.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: