26 Juli 2024

Tanggul Sungai Citarum Kembali Amblas

CABANG BUNGIN bekasitoday.com -Lambatnya penanganan dari pemerintah terhadap kondisi tanggul Sungai Citarum yang berada di Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, membuat tanggul tersebut kembali amblas sedalam 3 meter, padahal masih dilakukannya perbaikan dengan memasang batu Bronjong.

Seperti yang dikatakan Marsin Kepala Urusan (Kaur) Desa Lenggahjaya, menurutnya, kejadian amblasnya tanggul sungai Citarum itu terjadi pada pagi hari, awalnya hanya retak, namun kemudian perlahan lahan tanah tanggul itu amblas.

“Air Citarum sudah kering sekarang, kayaknya tanah dibawahnya labil, jadi bergerak amblas, “katanya saat meninjau tanggul Citarum yang amblas, Senin.(03/01/2022).

Tanggul yang amblas lanjut Ia, diperkirakan sepanjang 300 meter dengan kedalaman 2,5 meter sampai 3 meter. Di lokasi sedang ada pemasangan Bronjong, namun tanah tanggul Citarum merosot ke sungai Citarum.

“Awalnya cuma retak tanahnya, tapi lama-lama bergerak semakin dalam ke kali, batu bronjong juga ikut merosot ke kali, “bebernya.

Ia meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi juga Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum agar secepatnya dapat bertindak sebelum terjadi amblas yang lebih meluas.

“Masyarakat sekitar khawatir terjadi banjir lagi Citarum, kalau amblas begini bisa jebol. tolong lah Pemerintah segera perbaiki secepatnya, “ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan, tanggul sungai Citarum menjadi tanggungjawab BBWS Citarum, karena pihaknya akan berkoordinasi dengan BBWS.

“Terimakasih infonya Bang, harus dikirim ke BBWS Bang, “ujarnya melalui pesan WhatsApp.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: