22 Juni 2024

Warga Panik, DKD Komnaspan Desak BBWS Maksimalkan Penanganan Tanggul Citarum

Jan14,2022

CABANG BUNGIN bekasitoday.com– Viralnya tanggul sungai Citarum yang amblas dan longsor mengakibatkan tiga rumah warga rusak di kampung Tapak Serang, Desa Lenggah Jaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, menjadi pertanyaan besar beberapa elemen masyarakat, salah satunya dari DKD Komnaspan.

Ini bukti ketidak seriusan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mengantisipasi secara maksimal penanganan tanggul sungai Citarum yang kritis.

“Kita bersama masyarakat pertanyakan kelanjutan pekerjaan penanganan tanggul kritis yang di lakukan oleh BBWS Citarum, apa ia sih hanya seperti ini, lalu tidak ada kelanjutannya, mungkin nunggu tanggul jebol yang dimungkinkan akan memakan  korban, baru ada penanganan serius oleh pihak BBWS Citarum dan pemerintah?, “kesal Samanhudi Ketua DKD Komnaspan saat di temui di lokasi tanggul sungai Citarum yang amblas, Jum’at (14/1/2022).

Dirinya mengatakan, pastinya harus ada kelanjutan pekerjaan secara cepat dan tepat oleh BBWS Citarum, pasca amblasnya tanggul sungai Citarum di Cabangbungin beberapa waktu lalu, hal ini tentunya sangat di harapkan oleh masyarakat.

“Apa lagi intensitas hujan sekarang ini semakin tinggi, akibatnya debit air sungai Citarum naik, besar kemungkinan tanggul bisa jebol, “terangnya.

Seharusnya Bupati dan anggota Dewan ambil langkah cepat dan pasti,dorong BBWS Citarum agar serius menangani tanggul sungai Citarum kritis tersebut dengan segera, agar rakyat tidak menjadi korban karena alasan kewenangan penanganan, keselamatan rakyat itu yang utama.

“BBWS Citarum harusnya ambil langkah serius dalam penanganan tanggul kritis tersebut jangan cuma ngelongok doang. Pemerintah Kabupaten Bekasi baik Bupati dan para wakil rakyat jangan cuman ngomong ngalor ngidul, tanggul kritis dijadikan ajang foto-foto selvie, rakyat butuh tanggul permanen agar setiap hari tidak diliputi rasa takut dan khawatir akan jebolnya tanggul sungai Citarum, jebolnya tanggul sungai Citarum di Kecamatan Pebayuran tahun lalu, jangan sampai terulang lagi di Cabangbungin, “ungkapnya geram.

Diketahui sebelumnya, Bupati Bekasi, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, BBWS Citarum, sudah mendatangi lokasi tanggul sungai Citarum yang amblas di kampung tapak serang, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, yang sampai hari ini belum ada penanganan serius, yang masih membuat cemas dan khawatir masyarakat.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: