16 Juli 2024

Kunci Sukses UKM Cikarang, Adalah Inovasi Tiada Henti dan Mental Tangguh

CIKARANG bekasitoday.com– Inovasi dan transformasi digital diharapkan menjadi upaya akselerasi pemulihan ekonomi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19. Di era pandemi COVID-19 menuntut para pelaku UKM untuk melek digital, pasalnya, terjadi peningkatan drastis angka pemanfaatan layanan digital yang digunakan oleh masyarakat terutama dalam berbelanja, Rabu (18/8/2021).

Sebagai mitra UKM untuk bersaing di dunia digital, JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Cikarang. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia, khususnya di Cikarang dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

“Di tengah era digital seperti saat ini teman-teman bisa gunakan berbagai macam media dengan bantuan kemudahan berpromosi, adanya jasa ekspedisi yang mebantu teman-teman baik itu dari proses pick up, pengantaran, penyimpanan barang di gudang, monitoring dan tracking, ini yang JNE miliki, “ujar Mayland HP selaku Deputy Vice President BD, E-Commerce, and Partnership JNE.

Sementara, Lutfi Pahlevy selaku Branch Manager JNE Cikarang mengatakan, dengan mengusung tagline Connecting Happiness, JNE Cikarang secara rutin melaksanakan berbagai kegiatan sosial, seperti distribusi bantuan kepada korban bencana, adanya distribusi hewan kurban, kegiatan donor darah, dan pembagian sarapan bernutrisi.

Didukung 253 armada di seluruh cabang, JNE Cikarang siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah, swasta termasuk UKM, dan stakeholder lainnya.

“Selain pick up, kita ada fulfillment, kalau ada UKM yang tidak punya space, kita bisa fasilitasi, barangnya bisa di keep di gudang JNE dan pihak UKM tinggal infokan saja barang apa yang hari ini dikirim. Transaksi COD saat ini juga sangat tinggi, kita bisa fasilitasi untuk UKM yang terlibat COD, “ujar Lutfi.

Sementara, Rizal Djibran S.Sos MM, pembicara dalam Webinar mengatakan, perintis Djibran Food Indonesia membuka diskusi dengan mengulas besarnya potensi industri kuliner di Indonesia. Mengolah hasil laut sejak 2018. Dirinya menyatakan produknya tak lepas dari berbagai riset dan uji klinis yang optimal, hal ini berangkat dari kegigihannya mengolah produk ikan yang awet dan sehat.

Bicara soal daya tarik usahanya, dirinya menyatakan kreativitas sebagai kunci utama “Kita adakan lomba setiap tahunnya seperti TikTok terbaik, kami juga dukung program pemerintah, seperti program Gerakan Artis Makan Ikan”.

“Kreativitas saat ini dibutuhkan, karena manufacturing kita juga memberikan konten ke reseller, kita juga memberi kesempatan reseller dan customer unutuk kreatif dengan membuat berbagai konten, yang setiap akhir tahun kita lombakan di Djibran Food Awarding. Daya tarik seperti ini yang kita terapkan untuk menarik mereka. Selain itu product knowledge juga selalu kami utamakan di branding kita, jadi bagaimana makan ikan dengan mudah, bagaimana menikmati hasil laut dengan mudah dan enak, “pungkasnya.

Dalam diskusinya, Joseph selaku owner Kickmen mengatakan, pandemi justru mendatangkan keuntungan tinggi bagi usahanya.

“Dari sebelum pandemi kita sudah mulai online, jadi yang kena dikita ini lebih ke dampak positifnya. Misal ada instagram reels, kita tinggal update aja dan cari bagaimana untuk dapat traffic lebih tinggi dari sana. Menurut kami customer experience sangat penting, Di kickmen, 3-4 bulan setelah customer purchase produk kami, kami follow up lagi apakah produknya ada kekurangan dan lainnya, “pungkas Joseph mengulas pentingnya after sales sebagai salah satu kunci mempertahankan pasar.

Kita bisnis itu udah pasti rugi, untung itu resikonya. Supaya kita tetap untung, pertama mindset yang harus bagus, karena dibidang apapun pasti ada tokoh suksesnya.

“Ketika kita mulai lesu mental kita harus kuat, karena tiap bisnis padai ada tantangannya. jadi perlu belajar dari pengalaman orang lain, “tutup Joseph pada webinar Golll…Aborasi Bisnis Online 2021 sebagai motivasi bagi para pelaku UKM Cikarang.

Diketahui, Cikarang merupakan kota ke-41 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021, yang sebelumnya telah dilakukan di Cirebon. Gelaran webinar ini turut hadir dalam rangka memperingati hari jadi kota Cikarang yang ke-71 pada 15 Agustus 2021. Setelah Kota Cikarang, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Bondowoso pada 20 Agustus 2021. Roadshow di 60 Kota di seluruh Indonesia, JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.(red).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: