22 April 2024

Antisipasi Banjir, Pemdes dan BPD Sukaringin Bersihkan Kali Cikarang dari Sampah

Nov13,2021

SUKAWANGI bekasitoday.com– Pemerintahan desa Sukaringin bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat, bersihkan sampah yang menutup kali Cikarang, di kampung Kepuh, desa Sukaringin.

Banyaknya sampah eceng gondok dan sampah rumah tangga tersebut diduga akibat ada pekerjaan normalisasi di hulu kali Cikarang, yang beberapa waktu lalu dikerjakan.

Seperti halnya yang dikatakan, Sekretaris Desa Sukaringin, menurutnya, banyak sampah yang menghambat jalannya air di kali Cikarang akibat dari normalisasi kali yang berada di hulu.

“Selain sampah rumah tangga, eceng gondok-pun mendominasi tumpukan sampah di kali Cikarang, sehingga menghambat jalannya air, “ujar Markim Sariputra didampingi Darta Ketua BPD Sukaringin, Sabtu (13/11/2021).

Seharusnya ada bantuan mobil pengangkut sampah dari DLH Kabupaten Bekasi untuk mengangkut sampah eceng gondok dan sampah rumah tangga, karena kalau kita biarkan hanyut ke hilir dikhawatirkan akan mencemari air laut.

“Kami minta kerjasama dari Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkut sampah eceng gondok yang ada di sepanjang kali Cikarang ini, “terangnya.

Sementara Rosi (35) salah satu warga mengatakan, sampah yang menumpuk di kali Cikarang berbau busuk. Karena selain sampah eceng gondok, ada juga terlihat hewan mati.

“Sangat tidak nyaman dengan bau busuk yang ditimbulkan dari sampah di kali Cikarang, apalagi rumah saya hanya beberapa meter dari kali, “jelasnya.

Alhamdulillah, sampah yang ada di kali Cikarang sudah dibersihkan oleh pemerintah desa Sukaringin melalui kerja bakti.

“Sangat khawatir dengan banyaknya sampah di kali Cikarang, apalagi sekarang sudah musim hujan, kalau tidak dibersihkan pasti akan banjir, tapi Alhamdulillah sudah dibersihkan sama orang desa, “ungkapnya.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: