27 Juli 2024

BBWS Tinjau Tanggul Citarum, Tapi Kapan Diperbaiki

CABANG BUNGIN bekasitoday.com– Lagi, tanggul Sungai Citarum mengalami amblas, kali ini amblas diperkirakan mencapai empat meter dan panjangnya kurang lebih 200 meter.

Tanggul yang berada di kampung tapak serang, desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, lagi dan lagi penanganan hanya ditangani secara darurat bukan permanen.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Citarum Ir.Bastari,M.Eng saat tinjau lokasi tanggul amblas, mengatakan pihaknya bakal kembali meningkat kan penanganan kontruksi darurat.

“Saya sudah sampaikan tadi, bahwa tanah sungai Citarum tanah pondasinya muda dan lunak, “ujarnya di dampingi tim ahli Dansektor 20 beserta Muspika Cabangbungin.

Dirinya mengatakan, sebelumnya pihak BBWS Citarum sudah melakukan penanganan tanggul kritis tersebut dengan cara memasang Bambu serta Batu Bronjong dan Giobag, namun paska banjir kemarin dan surut ini menyebabkan ketarik, sehingga tanggul pun amblas sedalam empat meter.

“Kita analisa, mengajak dari ahlinya ini, dari Balai Hidrolik Geologi keairan di Bandung untuk bagaimana nanti perkuatan yang cocok untuk lokasi ini, ‘bebernya.

Kepala Desa Lenggahjaya Sadih M Farhan mengatakan, selama dirinya menjabat Kades dua periode, disaat musim hujan yang menjadi pikiran tidak lain kondisi tanggul keritis sungai Citarum yang semakin lama semakin parah, namun sebelumnya tak separah sekarang.

“Dari tahun 2012 semenjak jadi kepala Desa ngurusin tanggul lagi tanggul lagi, ora kelar kelar sampe sekarang, bahkan sudah ribuan karung bang, “keluhnya saat tinjau tanggul Citarum yang amblas.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: