22 April 2024

Tiga Rumah Rusak Akibat Tanggul Kali Citarum Longsor

Jan12,2022

CABANG BUNGIN bekasitoday.com– Sedikitnya tiga rumah warga kampung tapak serang RT005/003, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, yang persis berada di kaki tanggul hancur akibat tertimpa longsoran tanah dari tanggul kali Citarum diakibatkan curah hujan tinggi, Selasa (11/1/2022) malam sekitar pukul 22.00 Wib.

“Ya Allah ya robbi, saya bener bener shok bang, begitu kedengaran gubrak, saya langsung lari ke luar, saya pikir geluduk emang kebetulan lagi hujan, “ujar Kasum (47) warga yang rumahnya tertimpa longsor, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, dengan kembali longsornya tanggul sungai Citarum yang kini menimpa rumahnya, dirinya beserta keluarga merasa trauma dan penuh rasa ketakutan.

“Mungkin bukan hanya saya, warga yang rumahnya tepat di kaki tanggul pun merasakan hal yang sama, penuh rasa khawatir dengan kondisi seperti ini, dan takut terjadi kembali, “terangnya.

Ditemui usai melihat warga yang rumahnya rusak akibat longsoran tanah tanggul, Kepala Desa Lenggahjaya Sadih M Farhan mengatakan, kemungkinan korban akan di evakuasi untuk sementara, khawatir ada longsor susulan, mengingat kondisi tanggul semakin parah.

“Yang parah satu rumah bang, insyaallah secepatnya saya akan evakuasi karena rumah tinggalnya sudah parah, “tegasnya.

Dia menambahkan dan memohon kepada pemerintah pusat, agar secepatnya mengambil langkah positif jangan sampai menunggu korban, karena kondisi tanggul sungai Citarum sudah sangat parah dan bukan nya lagi ditangani secara darurat

“Saya meminta kepada pemerintah pusat agar secepatnya melakukan perbaikan permanen, karena perbaikan darurat bukannya solusi yang tepat, “harapnya.

Diketahui, dengan kejadian musibah tanah longsor tanggul sungai Citarum akibat curah hujan malam tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga tertimbun tanah, diantaranya, Kasum, Naseh, dan Nata, jumlah kerugian akibat Longsornya tanggul citarum Belem bisa di prediksi.(Ridwan).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: