14 April 2024

Obon Tabroni Apresiasi Relawan Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia

Komunitas Pecinta Lingkungan (Kopel) Kabupaten Bekasi peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia (World Environment Day)
Kepala UPTD Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Wilayah 3 saat memberi sambutan (foto: bisot)

Cikarang – BekasiToday.Com – Komunitas Pecinta Lingkungan (Kopel) Kabupaten Bekasi peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia (World Environment Day) dengan aksi penanaman pohon dan bersih-bersih Kali Cikarang di Desa Danau Indah. Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Anggota DPR RI Obon Tabroni, Kepala UPTD Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Wilayah 3, Sofyan Rahayu dan puluhan relawan pecinta lingkungan dari berbagai komunitas.

Obon Tabroni mengapresiasi inisiatif para relawan melaksanakan kegiatan dan berharap ada perhatian dari pihak yang terkait.

“Antusiasme para relawan yang melaksanakan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan perlu dibarengi dengan pelatihan-pelatihan dan pendidikan yang mendukung kegiatan mereka. Jika para relawan dan masyarakat memiliki pengetahuan yang baik mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, pada akhirnya akan sangat membantu tugas pemerintah daerah,” ucap Obon pada sambutan pembukaan acara ini.

Sementara itu Kepala UPTD Kebersihan Wilayah 3, Sopyan Rahayu, pada sambutannya mengakui bahwa aksi langsung para relawan seperti hari ini tidak kalah pentingnya dengan edukasi kebersihan dan lingkungan hidup.

“Kepada stakeholder dan masyarakat mari kita sama-sama jaga lingkungan hidup. Mari kita sama jaga lingkungan dari sampah,” ucap dia.

“Bicara kebersihan adalah tugas kita bersama. Mari bersama jaga lingkungan. Apabila ada warga ingin buang sampah dapat hubungi RT dan RW setempat,” kata dia.

Sebagai UPTD yang menangani urusan kebersihan di Kecamatan Setu, Cikarang Barat, dan Cibitung, pihaknya siap menangkut sampah di wilayah tersebut apabila warga meninginkan.
“Saat ini pemangku kebijakan Kabupaten Bekasi akan bekerja sama dengan investor mengenai teknologi persampahan di Kabupaten Bekasi. Semoga itu nanti bisa atasi permasalahan sampah,” demikian dia.

Kegiatan bertajuk aksi nyata 1001 relawan tersebut mengangkat tema “Selamatkan Mata Air, Bukan Menambah Air Mata”. Para relawan memungut sampah-sampah di jalan, dan kali, serta menanam pohon.Komunitas yang berpartisipasi pada kegiatan ini antata lain Kawali, Masyarakat Relawan Indonesia, MPB, Katana, Destana, SCRC, dan lainnya.

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: