12 Juli 2024

Gunakan Alat Berat, Pemdes Setia Asih Keruk Sampah yang Sumbat Kali

TARUMAJAYA bekasitoday.com- Setelah diguyur hujan lebat, sejumlah wilayah di desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, tergenang air dengan ketinggian 20-50 centimeter. Membuat Penjabat (Pj) Kepala Desa Setia Asih bergerak cepat dengan melihat saluran air di sejumlah titik.

“Melihat sebagian titik di wilayah desa Setia Asih tergenang air hujan, saya ditemani staf dari Trantib beserta ketua RT dan RW, melakukan pengecekan saluran kali, dimana kita menduga ada saluran kali yang tersumbat, “ujar H Dede Firmansyah S.Kep.

Setelah kami melakukan pengecekan di beberapa titik saluran, benar saja kami mendapati saluran air yang tersumbat sampah, sehingga membuat aliran air tidak lancar, akibatnya berdampak banjir ke masyarakat desa Setia Asih.

“Dari beberapa kali yang kita tinjau, ada saluran kali DA3 di Perum Mutiara Gading City (MGC), yang saluran kalinya dipenuhi sampah, “terangnya.

Dan kemudian kami meminta kepada Developer Perum MGC untuk membantu mengangkat sampah yang menumpuk di saluran tersebut menggunakan alat berat jenis Beko.

“Karena sampah yang menumpuk di saluran itu sangat luar biasa banyak, kami minta kepada Developer untuk mengangkat sampah yang didominasi sampah rumah tangga dan eceng gondok menggunakan Beko, “jelasnya.

Kami pemerintahan desa menghimbau agar masyarakat sekitar, untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke saluran kali.

“Kepada masyarakat desa Setia Asih, agar jangan membuang sampah di sembarang tempat, apalagi ke saluran kali yang dampaknya dapat menyumbat aliran kali, “ungkapnya.

Diketahui, warga Setia Asih yang terdampak banjir akibat curah hujan tinggi, diantaranya, warga tanah tinggi, dan warga perumahan kampung Bogor.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: