27 Juli 2024

Juleha Kota Bekasi Berikan Pemahaman Fiqih Qurban

BEKASI UTARA bekasitoday.com– Juru Sembelih Halal (Juleha-red) Kota Bekasi kembali menghelat Daurah Marhalah 1, bertempat di Masjid Assu’ada, Kampung Rawabugel, Kelurahan Margamulya, Kecamatan Bekasi Utara. Minggu, (31/10/2021).

Kali ini peserta pelatihan diberikan bekal Fiqih Qurban oleh KH.Muhammad Anwari Abdul Hakim. Ini sekaligus sebagai dasar pengetahuan pemilihan hewan qurban.

Dirinya menyampaikan, hewan yang digunakan untuk qurban harus benar-benar hewan yang sehat, serta berusia setidaknya dua tahun lebih.

“Kreterianya harus sehat dan memenuhi syarat secara usia. Jangan sampai memaksakan qurban dengan hewan yang sakit ini tidak boleh, “ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan, bahwa untuk pengorban juga boleh menikmati daging qurban dalam batasan sewajarnya saja. Selebihnya daging dibagikan oleh panitia kepada yang berhak.

“Sebaiknya dalam pelaksanaan penyembelihan dikumandangkan takbir terlebih dulu, baik oleh pengkorban maupun yang menyembelih, “jelasnya.

Sementara menurut Ketua DPD Juleha Kota Bekasi, Aminuddin S.Pd.I menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan kepada para juru sembelih hewan qurban di Masjid-masjid di Kota Bekasi. Handling atau proses pemyembelihan hewan qurban akan mempengarui pada daging qurban. Karena itu ada teknik tersendiri dalam menyembelih agar menghasilkan daging yang asuh.

“Sebelum disembelih hewan tidak boleh stres atau tersakiti. Makanya diperlukan perlakuan khusus, hewan tidak boleh di dekatkan dengan hewan yang sedang disembelih, “tuturnya.

Tak lupa Aminuddin pun mengucapkan rasa syukur atas tempat yang telah disediakan untuk pelatihan MD 1.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada seluruh jajaran DKM Masjid Assu’ada yang telah memberikan tempat untuk pelatihan para juru sembelih halal, “ungkapnya.

Diketahui, dalam pelatihan Daurah Marhalah 1 dihadiri langsung oleh Ketua Umum Juleha Indonesia Ustadz M.Ali Subarkah, Ketua DPW Juleha Jawa Barat Ustadz Yusuf SZ Ash Shidiq (Virtual,red), Ketua DPD Juleha Kabupaten Bekasi Miscul Firdaus, DPD Juleha Bogor Raya Achmad Nauval, DPD Juleha Jakarta Timur Hendri Ibrahim, DPD Juleha Jakarta Utara Rendro, DPD Juleha Jakarta Selatan Ibnu Hibban, DPD Juleha Depok Buya Ahmad Tamami beserta rombongan, GTI Chapter Bekasi Shany Amran Priyatna.(red).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: