12 April 2024

Warga Keluhkan Penumpukan Sampah di Aliran Kali Pasir Desa Satria Jaya

Apr 4, 2024

Hijau Biru Geometris Kabar Berita Kampus Instagram Media Post 20240404 113036 0000TAMBUN UTARA bekasitoday.com- Dinilai telah menciptakan lingkungan yang tidak sehat, dan menyebabkan dampak negatif terhadap kehidupan mereka sehari-hari, warga di sekitar aliran kali pasir RT01-02/03, desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, keluhkan penumpukan sampah yang ada di kali Pasir, dan meminta tindakan nyata dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, dalam upaya penanggulangan sampah tersebut.

“Kami menuntut langkah konkret dari pemerintah untuk membersihkan sampah yang ada di kali dan menerapkan sistem pengelolaan sampah yang lebih efektif, guna menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, “ujar warga, Kamis (24/4/2024).

Menurutnya, kondisi ini diduga dampak dari pembuatan jembatan penghubung yang mengakibatkan sampah mengalir ke kali pasir, karena aliran air yang menuju ke Perum Darmawangsa ditutup.

“Penutupan aliran air semenjak pembangunan jembatan ditambah aliran kali yang ada di sini nyambung langsung ke kali baru Bekasi, akibatnya terjadi penumpukan sampah, “terangnya.

Kalau debit air tinggi lanjut dia, air kali pasti meluap ke pemukiman warga.

“Akibat sampah yang menumpuk, ketika debit air tinggi, air meluap rumah kami pasti banjir, “ungkapnya.

Diketahui, penumpukan sampah di Kali Pasir sepanjang 250 meter dipenuhi oleh berbagai jenis sampah, mulai dari plastik hingga limbah organik, dan Pemerintah desa Satria Jaya akan melayangkan surat ke Pemerintah Kecamatan Tambun Utara terkait penanggulangan sampah yang ada di aliran kali Pasir.(Nr)

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: