23 Juni 2024

PT ENKEI Tanam Mangrove di Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong

Mei20,2024

Inshot 20240520 163100202MUARA GEMBONG bekasitoday.com– PT.ENKEI Indonesia kembali menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan dengan mengadakan program penanaman mangrove di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Senin (20/5/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menjaga ekosistem pesisir dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Dalam keterangannya, Wakil PT. ENKEI Indonesia Nugroho mengatakan, hari ini kita tanam bibit mangrove sebanyak 10.800 bibit di tahap pertama. Di Bulan Agustus 2024 mendatang kita akan tanam lagi 10.000 bibit, dan di Januari 2025 mendatang insha Allah kita kan tanam 10.000 mangrove kembali.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh dua tokoh yang ada di Kabupaten Bekasi, antara lain pak Sarin selaku anggota DPRD Kabupaten Bekasi, dan pak Danrem 051/Wkt, “ujarnya.

Menurutnya, program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang bertujuan untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir dan menjadi contoh bagi perusahaan lain untuk turut serta dalam menjaga lingkungan, “terangnya.

Selain penanaman mangrove, PT ENKEI juga berencana untuk melakukan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan mangrove yang telah ditanam, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan langkah konkret seperti ini, PT ENKEI tidak hanya berkontribusi dalam menjaga lingkungan, tetapi juga memperkuat hubungan baik dengan masyarakat setempat. Program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi ekosistem dan komunitas di Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong, “jelasnya.

Sementara, Brigjen Riyanto Komandan Korem 051/Wkt mengatakan, saat ini kita sama-sama ikut program penanaman mangrove bentuk kegiatan penumbuhan kembali. Penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi abrasi pantai, memperbaiki kualitas air, serta menyediakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna laut.

“Kegiatan kita akan mengembalikan habitat dari yang telah meninggalkan habitatnya, seperti monyet ekor panjang, dan lain,-lain, kita berharap mereka dapat kembali bertahan di habitatnya, “jelasnya.

Menurutnya, dengan upaya kecil yang kita lakukan hari ini, dapat berdampak besar di kemudian hari nanti.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi berkah buat kita semua, apa yang kita tanam akan tumbuh subur dikemudian hari, “harapnya.

Ditemui ditempat yang sama, Sarin anggota DPRD Kabupaten Bekasi, apresiasi apa yang telah dilakukan oleh PT.ENKEI, dirinya berharap dari 7 kawasan industri yang ada di Kabupaten Bekasi, mudah-mudahan terpicu melakukan kegiatan yang sama.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini yang dilakuin oleh PT.ENKEI, dapat di tiru oleh kurang lebih 6000 perusahaan yang ada di Kabupaten Bekasi, “ungkapnya.

Selain Danrem 051/Wkt, Dandim 0509/Kab Bekasi, Polres Metro Bekasi, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Polsek Muara Gembong, turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kecamatan Muara Gembong, Sekdes Pantai Sederhana, serta masyarakat setempat.(Nr).

Loading

Bagikan:

Berita Terkait

error: